Iktiyar Kepala Desa Terosan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui BLT Dana Desa

oleh
Kepala Desa Terosan Saat Menyalurkan BLT-DD Kepada Masyarakat Terdampak Covid-19 (Foto : Bambang Pri/MaduraPost)

SAMPANG, MaduraPost – Pemerintah Desa Terosan Kecamatan Banyuates Sampang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) pada hari kamis, (21/05/2020) yang bertempat di halaman kantor desa Terosan.

Kepala Desa Terosan, BG. Slamet Riyadi menjelaskan bahwa desa Terosan memiliki kuota penerima BLT DD sebanyak 265 Kepala Keluarga.

Penerima bantuan bisa mengambil BLT DD periode bulan April sebesar 600 ribu dengan syarat menggunakan masker yang sudah diberikan oleh pemerintah desa dan menyetorkan foto kopi KK serta KTP. Jumlah tersebut di bagi dalam 7 Dusun yang ada di Desa Terosan.

“Untuk pengambilan BLT-DD masyarakat di wajibkan pakai masker dan membawa Foto copy KTP dan Kartu Keluarga (KK),” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, meskipun jumlah tersebut termasuk kategori lebih banyak dari beberapa desa yang lain, Namun bagi Pemerintah Desa Terosan, angka tersebut masih belum 50% bisa mensejahterakan masyarakat desa, mengingat mayoritas penduduk Desa Terosan termasuk kategori ekonomi masyarakat menengah kebawah.

Oleh sebab itu, kepala desa Terosan Bg. Slamet riyadi, menginstruksikan kepada semua perangkat desa agar penyaluran BLT Dana Desa tepat sasaran dan diberikan kepada masyarakat yang benar membutuhkan serta tidak tumpang tindih dengan bantuan lain seperti PKH dan BPNT yg sudah di terima oleh masyarakat.

Apabila terjadi tumpang tindih, maka penerima bantuan akan diberi pilihan memilih BLT DD atau bantuan yg lain. karena BLT DD inilah satu satunya bantuan yang bisa di kelola oleh pemerintah desa, beda dengan PKH dan BPNT yang tidak ada campur tangan pemerintah desa sama sekali sehingga banyak yang tidak tepat sasaran.

“Dengan adanya BLT-DD ini kami mengupayakan masyarakat miskin di Desa Terosan mendapatkan bantuan,” imbuhnya.

Selain itu, Kepala Desa Terosan berusaha agar semua masyarakatnya mendapatkan bantuan dari Pemerintah terutama bagi masyarakat yang belum mendapatkan bantuan sama sekali. Seperti yang dijelaskan oleh Bg. Slamet riyadi kepada media.

“Dengan adanya BLT DD ini sedikit membantu perekonomian masyarakat yang mana saat ini perekonomian masyarakat terhambat oleh pandemi covid 19, bagi masyarakat yang belum tersentuh bantuan kami akan berusaha semaksimal mungkin agar masyarakat bisa mendapatkannya,” tuturnya.

Bg. Slamet Riyadi berharap masyarakat yang belum dapat bantuan dari Program Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten serta Dana Desa (DD) agar mendapat kuota tambahan bantuan dari dinas terkait dalam hal ini Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sampang.

“Saya berharap kepada dinas terkait agar menambah bantuan sosial ke Desa Terosan yang notabenenya masyarakat ekononomi menengah kebawah,” harapnya. (Mp/pri/kk)

loading...

Komentar